Cara dan Manfaat Promosi Online di Media Sosial

ElectronicBillboard

Mengapa pelaku usaha wajib tahu 7 manfaat promosi online di sosial media? Alasannya tentu saja terkait data bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan Mengapa pelaku usaha wajib tahu 7 manfaat promosi di sosial media? Alasannya tentu saja terkait data bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan angka pengguna internet yang tinggi. Dari hasil riset We Are Social diketahui, pengguna internet di Indonesia sekitar 175,4 juta orang atau sekitar 64 persen dari keseluruhan penduduk. Artinya, 6 dari 10 orang di Indonesia telah secara aktif menggunakan internet.

Potensi Digital Marketing Melalui Pemanfaatan Sosial Media

Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, sudah jelas potensi digital marketing melalui pemanfaatan sosial media memiliki peluang lebih besar. Hal ini juga didukung dengan lama rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu berselancar di dunia maya, yaitu sekitar 6 jam 43 menit setiap harinya. Bisa dikatakan, seperempat dari kehidupan masyarakat Indonesia dihabiskan untuk menggunakan internet.

Karena itulah, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM dan UMKM), juga para pemilik bisnis lainnya, perlu memanfaatkan sosial media sebagai media promosi demi meraih pasar yang lebih luas. Social media marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga, yaitu website berbasis sosial media, seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, YouTube, bahkan TikTok.

Manfaat Promosi Online di Sosial Media yang Wajib Diketahui

1 – Meningkatkan Kesadaran terhadap Brand dan Produk

Sosial media menawarkan banyak kesempatan bagi pemilik untuk berkreasi melalui kampanye dan promosi. Dengan menghadirkan promosi produk maupun jasa di platform media sosial, pengguna sosial media akan lebih mungkin menyadari keberadaan brand yang Anda usung.

Dengan kata lain, Anda bisa mulai dengan menjadikan sosial media sebagai media promosi online. Cara promosi produk yang digunakan bisa sekaligus menerapkan strategi pemasaran di media sosial, misalnya dengan konten yang soft selling, mengangkat kisah sukses, penggunaan foto produk yang menarik minat, dan sebagainya.

2 – Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Pengguna internet di Indonesia senang saling berinteraksi satu sama lain, terlepas apakah mereka saling mengenal atau tidak. Kesenangan inilah yang perlu Anda manfaatkan. Caranya bisa dengan membuat konten yang memancing pengguna internet untuk memberikan komentar, misalnya dengan ajakan agar pengguna sosial media memberi ide terkait suatu hal yang berhubungan dengan produk, meminta saran, mengajak pengguna menceritakan pengalaman mereka setelah mencoba sendiri produk yang ditawarkan, dan sebagainya.

Jangan takut akan kritik yang diberikan di dalam komentar. Kritik yang mereka berikan bisa jadi akan memancing komentar dari pengguna lainnya. Di saat yang sama, Anda juga perlu menerapkan jawaban yang tepat untuk komentar-komentar kritik tersebut dan menyikapinya dengan baik. Memberi jawaban yang baik bisa memberi gambaran pula kepada calon pelanggan maupun yang sudah jadi pelanggan tetap kalau Anda memiliki layanan pelanggan yang patut diacungi jempol.

3 – Meningkatkan Peringkat SEO

Mengkombinasikan strategi pemasaran di media sosial untuk promosi produk secara online dengan menyertakan website yang bisa dituju oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap jelas akan sangat membantu meningkatkan peringkat SEO.

Dengan memposting usaha Anda di media sosial, traffic menuju website atau halaman penjualan Anda akan mengalami peningkatan pula. Algoritma mesin pencari (SEO) juga akan bergerak untuk meningkatkan posisi usaha Anda di laman pencarian. Dampak positifnya, calon pelanggan baru yang sebelumnya telah melihat iklan produk di Facebook misalnya, akan lebih mudah menemukan produk Anda.

4 – Memiliki Pengaruh yang Lebih Kuat Dibandingkan Kompetitor

Semakin aktif Anda menerapkan cara promosi produk secara online di sosial media, disertai pula dengan layanan interaktif yang terus memancing pengguna internet mengunjungi kanal-kanal sosial media yang Anda kelola, maka bisa meningkatkan pengaruh brand Anda menjadi lebih kuat dibandingkan dengan kompetitor.

Semakin kuat pengaruh brand Anda di sosial media, akan semakin banyak pula pengguna internet yang dengan sukarela mengikuti dan menjadi follower sosial media Anda. Ini jelas akan meningkatkan kepercayaan dan otomatis bisa meningkatkan lebih banyak pelanggan yang ingin membeli produk yang Anda tawarkan.

5 – Hemat Biaya

Pemasaran melalui media sosial tentu menghemat pengeluaran dan biaya iklan. Malah bisa dikatakan penerapan sosial media marketing jauh lebih murah dibandingkan jenis iklan promosi lainnya, asalkan Anda tahu cara dan strategi yang tepat dalam memanfaatkan sosial media sebagai media promosi online.

Jika Anda masih baru dalam bidang ini, ada baiknya Anda bekerja sama dengan social media agency yang tepat dan mampu memberi Anda saran terbaik. Ada banyak digital agency Jakarta yang bisa membantu Anda dalam hal ini.

6 – Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Aktif tidaknya sosial media yang Anda kelola akan memberi pengaruh yang sangat signifikan dalam membangun loyalitas pelanggan. Jika Anda membuka peluang komunikasi yang baik dengan pelanggan, bisa jadi Anda akan meningkatkan hubungan yang erat dengan mereka. Komunikasi yang baik sudah banyak terbukti mampu membangun hubungan yang solid. Hal ini sesuai dengan hasil studi sosial media marketing yang pernah dilakukan di Amerika Serikat. Di dalam studi tersebut ditemukan bahwa segmen pelanggan milenial 62% lebih loyal pada merek yang terlibat langsung dengan mereka di media sosial. Oleh karena itu, pemasaran media sosial yang seharusnya Anda terapkan tidak saja hanya mempromosikan produk atau jasa, tetapi juga perlu membangun interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.

7 – Mendapatkan Informasi Mengenai Pasar

Manfaat terakhir dari promosi di sosial media adalah Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pasar secara lebih lengkap. Dari interaksi yang terjadi, baik antara pelanggan baru dengan pelanggan lama, maupun antara pelanggan dengan Anda sebagai pemilik usaha, bisa didapatkan data terkini mengenai kebutuhan pelanggan yang sesungguhnya.

Usaha yang sukses adalah usaha yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk itu, manfaatkan promosi di sosial media dengan maksimal dan kumpulkan sebanyak mungkin data terkini mengenai kebutuhan pelanggan. Setelahnya, cobalah penuhi dan dijamin akan semakin banyak pula pelanggan setia yang akan Anda dapatkan. selain itu dengan media sosial kita dapet menentukan secara langsung target pasar yang cocok bagi promosi kita bedasarkan hobi, umur dan wilayah.